Media merupakan sarana pendukung dalam kegiatan proses belajar mengajar di kelas. Dalam artikel ini peneliti mengidentifikasi media PANELKU (Papan tempel Kegiatanku) sebagai langkah yang tepat dalam memecahkan masalah pada pembelajaran Pendidikan Pancasila kelas 1 SD IT Insan Mulia. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas metode pembelajaran Pendidikan Pancasila di kelas 1 SD IT Insan Mulia, dengan fokus pada penerapan media pembelajaran inovatif berbasis Problem Based Learning (PBL). Subjek penelitian ini yaitu wali kelas dan 14 peserta didik kelas 1. Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan mengumpulkan data dari hasil observasi, wawancara, studi literatur, dan hasil praktikum modul ajar inovatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode interaktif dan media variatif berupa PANELKU dapat meningkatkan antusiasme peserta didik dalam memahami materi mengenal kegiatanku. Oleh karena itu, disarankan guru untuk mengembangkan metode dan media pembelajaran sehingga dapat meningkatkan keaktifan peserta didik melalui strategi yang lebih efektif.
Copyrights © 2024