JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 3 (2024)

Implementasi Panduan Proyek untuk Pembelajaran Cerpen Berbasis PjBL di SMK BM PAB 3 Medan Estate

Manik, Jesika Lolo Karina (Unknown)
Muham, Amanda Liviani Br (Unknown)
Hutauruk, Deby Dame Riani (Unknown)
Hutabarat, Monica Monalisa (Unknown)
Tamba, Anggreni Agustina (Unknown)
Jelita, Rara (Unknown)
Puteri, Anggia (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan panduan proyek berbasis Pembelajaran Berbasis Proyek (PjBL) dalam pembelajaran cerpen di SMK BM PAB 3 Medan Estate. Metodologi yang digunakan melibatkan wawancara dengan guru bahasa Indonesia dan analisis data dari penelitian sebelumnya untuk memahami tantangan dan strategi dalam mengimplementasikan PjBL. Hasil penelitian menunjukkan bahwa panduan ini efektif dalam meningkatkan keterlibatan dan pemahaman siswa terhadap cerpen. Siswa menjadi lebih kreatif dan mampu bekerja sama dalam kelompok. Selain itu, guru melaporkan peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa yang signifikan. Temuan ini diharapkan dapat menjadi acuan bagi sekolah lain yang ingin menerapkan pendekatan PjBL dalam pengajaran sastra.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...