Penelitian ini mengeksplorasi dampak sintaksis terhadap keterampilan menulis siswa, dengan fokus pada bagaimana struktur sintaksis memengaruhi kualitas keseluruhan tulisan siswa. Penelitian ini menyelidiki bagaimana kompleksitas, variasi, dan akurasi sintaksis berkontribusi pada koherensi dan efektivitas teks tulisan. Menggunakan pendekatan kualitatif, penelitian ini menyintesiskan penelitian yang ada tentang sintaksis dan hubungannya dengan kemahiran menulis, sambil memeriksa efek pengajaran sintaksis yang ditargetkan. Hasil penelitian menunjukkan perbaikan signifikan dalam kinerja sintaksis, kelancaran, dan akurasi gramatikal siswa selama periode enam bulan. Meskipun ada perbaikan, tantangan dengan perangkat kohesi dan pengembangan leksikal tetap ada, menunjukkan perlunya perhatian lebih lanjut dalam pengajaran area ini. Penelitian ini menekankan pentingnya sintaksis dalam mengembangkan tulisan yang jelas, persuasif, dan terstruktur dengan baik serta memberikan wawasan berharga bagi pendidik yang ingin meningkatkan keterampilan menulis siswa.
Copyrights © 2024