Pembelajaran materi Pancasila di kelas IV UPT. SD Neg.060816 Medan Area terdapat beberapa permasalahan yaitu siswa cenderung pasif dan suasana pembelajaran kurang menyenangkan karena guru lebih dominan menggunakan media ceramah sehingga berdampak pada hasil belajar siswa kurang dari KKM yang ditentukan 75 sebesar 60% dari total keseluruhan 25 siswa. Salah satu cara untuk meningkatkan kualitas belajar siswa adalah dengan menerapkan media pembelajaran agar nantinya tujuan pembelajaran juga dapat tercapai secara maksimal. Media pembelajaran sangat beragam disesuaikan dengan materi dan tujuan yang ingin dicapai antara lain Media ajar Educaplay termasuk salah satu media pembelajaran yang dilakukan dengan bantuan tongkat dan secara bergiliran akan dipegang oleh siswa dan yang memegang pertanyaan wajib jawab dari guru. Pembelajaran dengan Media ajar Educaplaysangat cocok diterapkan di sekolah dasar, karena dapat melatih kemampuan kognitif dan psikomotorik siswa, selain itu suasana pembelajaran juga menyenangkan dan aktif bagi siswa. Media ajar Educaplay ini sangat tepat digunakan dalam pengembangan minds-on dan hands-on siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan Media ajar Educaplaydan peningkatan kemampuan minds-on dan hands-on siswa di Kelas IVUPT. SD Neg.060816 Medan Area setelah menggunakan media talking stick. Peneliti melakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Analisis data yang digunakan adalah teknik deskriptif kualitatif. Urutan kegiatan penelitian meliputi 4 tahapan meliputi: (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan, (3) Observasi, dan (4) Refleksi. Hasil penelitian diperoleh hasil penilaian hasil belajar materi gambar dua dimensi baik siklus I maupun siklus II kemampuan Minds-on pada siklus I sebesar 82,25 dibandingkan dengan nilai Minds-on pada siklus II sebesar menjadi 85,5 meningkat sebesar 3,25. Begitu juga dengan penilaian kemampuan Hands-On juga terjadi peningkatan antara Siklus I nilai rata-rata 75,45 dan siklus II 80,95 peningkatan 5,5. Berdasarkan hasil analisis data penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media ajar Educaplay dapat meningkatkan kemampuan minds-on dan hands-on pada pembelajaran PKN materi Pancasila kelas IV di UPT. SD Neg.060816 Medan Area dan pelaksanaannya dapat berjalan efektif dan efisien
Copyrights © 2024