JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 3 (2024)

Hubungan Prestasi Belajar Mata Pelajaran Akidah Akhlak dengan Sikap Qonaah Siswa MTs Adolina Perbaungan

Saba, Amarul (Unknown)
Juriono, Juriono (Unknown)
Armanila, Armanila (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Dec 2024

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui prestasi belajar mata pelajaran akidah akhlak siswa MTs Adolina Perbaungan. 2)Untuk mengetahui sikap qonaah siswa MTs Adolina Perbaungan. 3)Untuk mengetahui hubungan prestasi belajar mata pelajaran akidah akhlak dengan sikap qonaah siswa MTs Adolina Perbaungan. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Data penelitian diperoleh dari hasil Rapt mata pelajaran akidah akkhlak siswa, observasi, wawancara dan dokumentasi. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII MTs Adonila sebanyak 30 siswa. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa: 1). Prestasi belajar mata pelajaran akidah akhlak termasuk dalam kategori sedang. Hal ini ditunjukan oleh rata-rata yang berada pada interval 80,28 – 87, 08 dengan nilai 83,667. 2) Sikap qonaah siswa juga termasuk dalam kategori sedang. Hal ini ditunjukan oleh rata-rata yang berada pada interval 71,19 – 84,06 dengan nilai 80,96. 3) Penghitungan rxy diperoleh hasil sebesar 0,50. Hasil tersebut kemudian dikonsultasikan dengan rtabel dengan N = 30 pada taraf signifikan 5% = 0,361. Karena rxy (0,50) > rtabel (0,361) berarti signifikan dan hipotesis diterima yaitu ada hubungan antara prestasi belajar mata pelajaran akidah akhlak dengan sikap qonaah siswa kelas VIII MTs Adolina Perbaungan

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...