JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 3 (2024)

Application of Social Studies Learning in the Merdeka Curriculum in Senior High School

Bais, Revly Haiqal (Unknown)
Rustiana, Riska (Unknown)
Lathifah, Rukhsah Ana (Unknown)
Valdewa, Satya (Unknown)
Wahyunengsih, Wahyunengsih (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Dec 2024

Abstract

Studi ini bertujuan untuk mengetahui peran kurikulum merdeka di SMA. Kurikulum Merdeka diterapkan secara nasional pada tahun 2024. Kurikulum Merdeka mengharuskan guru untuk dapat merumuskan kompetensi, orientasi, dan konteks yang harus dicapai dalam pembelajaran. Selain guru, siswa juga diharuskan untuk menghormati nilai-nilai seperti kejujuran, tanggung jawab, dan komitmen serta menerapkan nilai-nilai ini dalam setiap aspek kehidupan mereka. Penelitian ini fokus pada implementasi pembelajaran ilmu sosial dan kurikulum merdeka, serta dampaknya terhadap hasil belajar siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah tinjauan pustaka, dengan mengumpulkan data berdasarkan penelitian sebelumnya. Hasil dari studi ini menunjukkan bahwa Kurikulum Merdeka diterapkan secara optimal dan diharapkan dapat mengakomodasi minat, bakat, dan kemampuan siswa. Penelitian ini memberikan wawasan tentang efektivitas Kurikulum Merdeka dalam mata pelajaran ilmu sosial dan memberikan saran untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap pengajaran ilmu sosial. Selain itu, penelitian ini berkontribusi pada pengembangan pendidikan ilmu sosial di Indonesia.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...