JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 3 (2024)

Analisis Statistik Nilai Akhir Siswa: Studi Kasus pada Survei Pembelajaran

Ardani, Dani (Unknown)
Nurdin, Irsyad Fauzan (Unknown)
Sahidin, M Zaenal Iskandar (Unknown)
Nursalman, Muhammad (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini menggunakan Bahasa Pemrograman Python untuk mengevaluasi nilai akhir siswa dengan tiga metode uji statistik: Uji Chi-Square, Uji t, dan uji normalitas serta homogenitas. Data survei mencakup faktor-faktor seperti jam belajar, motivasi, keterampilan, serta sarana dan prasarana. Hasil analisis menunjukkan rata-rata nilai siswa mendekati standar nasional (70), tetapi terdapat variasi signifikan di antara nilai-nilai tersebut. Uji Chi-Square mengindikasikan bahwa variansi nilai berbeda secara signifikan dari yang diharapkan, sedangkan Uji t menunjukkan tidak ada perbedaan signifikan antara rata-rata nilai dengan standar nasional. Uji normalitas menyimpulkan bahwa data tidak berdistribusi normal, sementara uji homogenitas menunjukkan bahwa variansi antar kelompok tidak homogen. Temuan ini menyoroti perlunya metode analisis yang lebih sesuai dan evaluasi lebih mendalam untuk meningkatkan kualitas pembelajaran

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...