JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 3 (2024)

Peran Locus Of Control terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa Pendidikan Bahasa Arab

Niamala, Ajmi (Unknown)
Nurfauziah, Renren (Unknown)
Nurazizah, Rika Saadah (Unknown)
Kafi, Edenia Silmy (Unknown)
Budiman, Nandang (Unknown)
Hakim, Ibrahim Al (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi peran locus of control dalam membentuk motivasi belajar mahasiswa, khususnya dengan melibatkan peran pendidik bimbingan konseling. Menggunakan pendekatan kualitatif dengan studi kasus pada mahasiswa Pendidikan Bahasa Arab Universitas Pendidikan Indonesia, penelitian ini menganalisis data wawancara mendalam untuk memahami persepsi mahasiswa terkait locus of control dan motivasinya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas mahasiswa memiliki locus of control internal yang sedang hingga tinggi, mengindikasikan keyakinan yang cukup kuat bahwa hasil belajar mereka dipengaruhi oleh usaha dan kemampuan diri. Namun, masih terdapat indikasi locus of control eksternal yang perlu diperhatikan. Penelitian ini juga mengungkapkan bahwa locus of control internal memiliki hubungan positif dengan motivasi belajar. Penelitian ini menyimpulkan bahwa locus of control merupakan faktor penting dalam membentuk motivasi belajar mahasiswa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...