JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 1 (2025)

Guru Honorer dan Ketidakadilan Struktural dalam Sistem Pendidikan Indonesia

Bagaskara, Adhimas (Unknown)
Sahrudin, Rahmazani (Unknown)
Mutmainnah, Siti Nasywa (Unknown)
Cahyadi, Shadrina Fakhrana Fildzah (Unknown)
Nursyabana, Muhamad Fadhilah (Unknown)
Parhan, Muhamad (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Jan 2025

Abstract

Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional dan Undang-undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen mengakui pentingnya peran guru dalam mencerdaskan bangsa, ada perbedaan yang signifikan dalam kesejahteraan guru honorer dibandingkan dengan guru ASN atau PNS. Ketidakadilan struktural yang disebabkan oleh gaji yang rendah dan status pekerjaan yang tidak pasti berdampak pada motivasi dan kinerja guru honorer, yang berdampak negatif pada kualitas pendidikan. Sebagaimana dijelaskan dalam Al-Qur'an dan hadis, profesi guru memiliki kedudukan yang sangat mulia dalam perspektif Islam. Meskipun demikian, keadaan keuangan guru honorer di Indonesia belum sebanding dengan penghargaan ini. Artikel ini menunjukkan betapa pentingnya reformasi kesejahteraan guru, yang mencakup peningkatan kompensasi, jaminan status pekerjaan, dan akses lebih luas ke pelatihan profesional.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...