JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 1 (2025)

Pengaruh Model Pembelajaran Team Game Tournament (TGT) Berbantuan Video Interaktif terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Pada Mata Pelajaran IPS

Nengsih, Nurfenti Widiya (Unknown)
Iskandar, Sofyan (Unknown)
Yogiarni, Tiara (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Jan 2025

Abstract

Ilmu pengetahuan sosial merupakan konsep disiplin ilmu sosial yang harus dikuasai oleh siswa. Salah satu tujuan ilmu pengetahuan sosial adalah siswa dapat mengembangkan keterampilan berpikir kritis. Menurut beberapa penelitian, kterampilan berpikir kritis ilmu pengetahuan sosial masih tergolong rendah. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis salah satunya dengan cara menerapkan model Team Game Tournament (TGT) dan media video interaktif. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian quasi eksperimen dengan membandingkan dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Berdasarkan penelitian yang dilakukan dapat diketahui melalui hasil koefisien determinasi bahwa peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa sebesar 50,3% dari hasil penerapan model Team Game Tournament (TGT), dan 49,7% adalah faktor lain. Berdasarkan hasil regresi linear sederhana diperoleh nilai sebesar 0.425. koefisien regresi menunjukkan tanda positif yang memiliki arti bahwa penggunaan model Team Game Tournament (TGT) berbantuan video interaktif memiliki pengaruh yang cukup kuat terhadap peningkatan keterampilan berpikir kritis.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...