JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 1 (2025)

Persepsi Mahasiswa Pendidikan Bahasa Arab UPI terhadap Pentingnya Bimbingan Karier untuk Menunjang Perkembangan Psikologis

Amrullah, Adib (Unknown)
Az-Zahra, Aisyah Hilwa (Unknown)
Permata, Melza Zahra (Unknown)
Budiman, Nandang (Unknown)
Hakim, Ibrahim Al (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Jan 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi persepsi mahasiswa program studi Pendidikan Bahasa Arab di Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) terhadap pentingnya bimbingan karier dalam menunjang perkembangan psikologis mereka. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan wawancara mendalam terhadap sepuluh mahasiswa aktif dari berbagai angkatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa memandang bimbingan karier sebagai elemen penting untuk mengenali potensi diri, memahami peluang kerja, dan mempersiapkan langkah strategis menuju karier yang sesuai. Selain itu, bimbingan karier dinilai relevan untuk membantu mahasiswa mengelola kecemasan, meningkatkan kepercayaan diri, serta memberikan arahan yang jelas dalam menghadapi tantangan dunia kerja. Temuan ini juga menyoroti perlunya pengembangan layanan bimbingan karier yang lebih spesifik dan terarah, termasuk kolaborasi dengan dunia industri dan institusi terkait. Penelitian ini memberikan kontribusi penting dalam pengembangan kebijakan bimbingan karier yang lebih efektif di lingkungan perguruan tinggi.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...