Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pola tidur mahasiswa Pendidikan Bahasa Arab di Universitas Pendidikan Indonesia mempengaruhi kesehatan mental mereka. Metode yang digunakan adalah wawancara semi-terstruktur dengan sepuluh hingga lima belas mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa beban akademik yang tinggi dan keterlibatan dalam organisasi membuat banyak mahasiswa mengalami gangguan tidur. Hal ini berdampak pada meningkatnya tingkat stres, kecemasan, dan depresi. Mahasiswa yang tidur dengan buruk sering merasa kesulitan untuk berkonsentrasi dan menurunnya prestasi akademik. Sebaliknya, mahasiswa yang memiliki pola tidur yang baik lebih mampu mengelola stres dan menjaga kesehatan mental. Temuan ini menegaskan pentingnya kesadaran akan kualitas tidur dan manajemen waktu yang baik. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan masukan bagi pihak universitas dalam merancang program dukungan kesehatan mental serta meningkatkan kesadaran mahasiswa mengenai pentingnya pola tidur yang sehat.
Copyrights © 2025