JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 1 (2025)

Revitalisasi Lapangan Merdeka dalam Menghidupkan Kembali Ruang Terbuka Hijau Demi Keberlanjutan Ekologi di Kota Medan

Febriana, Febriana (Unknown)
Harahap, Putra Pratama (Unknown)
Sinaga, Rahma Dhani Fitria (Unknown)
Trisna, Wulan Ayu (Unknown)
Ivanna, Julia (Unknown)
Jaya, Irhas (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Jan 2025

Abstract

Ruang terbuka hijau kota adalah pertemuan antara manusia dan sistem alam dalam lingkungan perkotaan. Interaksi dan hubungan timbal balik yang seimbang antara manusia dan alam di kawasan perkotaan yang berkelanjutan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Revitalisasi lapangan merdeka dalam menghidupkan kembali ruang hijau demi keberlanjutan ekologi dengan menggunakan metode kualitatif studi pustaka. Tehnik pengumpulan data dilakukan dengan melalui penelaahan literatur yang relevan,termasuk jurnal, buku, dan Laporan resmi, serta dokumen hukum terkait. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa revitalisasi Lapangan Merdeka diharapkan dapat meningkatkan keberagaman hayati di daerah tersebut selain dampak ekologisnya. Pengembangan habitat alami dan penanaman berbagai jenis tanaman lokal diharapkan akan meningkatkan keseimbangan ekosistem dan memberikan ruang bagi fauna lokal untuk berkembang. Dengan menyediakan ruang publik yang nyaman dan menarik untuk kegiatan sosial, olahraga, dan budaya, proyek ini diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat, yang pada gilirannya akan meningkatkan rasa kebersamaan dan keterlibatan masyarakat dalam pelestarian lingkungan. Rekonstruksi Lapangan Merdeka juga diharapkan dapat menjadi daya tarik wisata baru Kota Medan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...