JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 1 (2025)

Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan di SDN 1 Gedong

Prasetyaningrum, Eni (Unknown)
Sa’adah, Nurus (Unknown)
Soedjono, Soedjono (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Jan 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi peran kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan kualitas pendidikan di SDN 1 Gedong. Metode yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kualitatif, dengan pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gaya kepemimpinan transformasional berpengaruh positif terhadap motivasi guru dan kinerja siswa. Temuan ini sejalan dengan teori kepemimpinan transformasional yang dikemukakan oleh Bass dan Avolio (1994), yang menekankan pentingnya pemimpin dalam menginspirasi dan memberdayakan pengikut. Kepala sekolah di SDN 1 Gedong menerapkan strategi komunikasi yang efektif untuk membangun hubungan interpersonal yang positif antara guru dan siswa. Menurut Burgoon dkk. (2016), komunikasi yang terbuka dan jujur ​​menciptakan suasana saling menghormati yang penting untuk interaksi yang produktif. Penelitian ini juga menemukan bahwa program pengembangan profesional sebagai guru berkontribusi pada peningkatan kualitas pengajaran, sejalan dengan temuan Zhang (2021) yang menekankan pentingnya pengembangan profesional dalam pendidikan. Secara keseluruhan, penelitian ini mengidentifikasi hubungan langsung antara gaya kepemimpinan kepala sekolah dan kualitas pendidikan, serta memberikan rekomendasi untuk pengembangan kebijakan pendidikan yang lebih baik di SDN 1 Gedong dan sekolah-sekolah lainnya. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi referensi bagi penelitian selanjutnya terkait kepemimpinan pendidikan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...