Sistem pendidikan nasional Indonesia menghadapi berbagai tantangan meskipun telah mengalami sejumlah perubahan sejak kemerdekaan. Masalah utama yang masih ada termasuk ketidakmerataan kualitas pengajaran antara daerah perkotaan dan pedesaan, serta ketidaksesuaian kurikulum dengan kebutuhan dunia industri dan perkembangan teknologi. Meskipun akses pendidikan meningkat, kualitas pendidikan di berbagai jenjang masih terbilang rendah, dan pemanfaatan teknologi dalam pendidikan terbatas, terutama di daerah terpencil. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis masalah-masalah tersebut dan mengidentifikasi solusi untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif melalui studi literatur dan wawancara dengan ahli pendidikan, penelitian ini menemukan empat masalah utama: kualitas pendidikan yang tidak merata, ketidaksesuaian kurikulum dengan dunia kerja, tantangan teknologi dalam pendidikan, dan hambatan sosial ekonomi dalam akses pendidikan. Untuk mengatasi masalah-masalah ini, penelitian ini mengusulkan peningkatan kapasitas guru, distribusi teknologi yang merata, reformasi kurikulum, serta kebijakan inklusif untuk mengurangi ketimpangan pendidikan. Dengan demikian, penelitian ini memberikan wawasan tentang bagaimana sistem pendidikan Indonesia dapat disesuaikan dengan tuntutan zaman, agar lebih relevan dan efektif dalam menghadapi tantangan globalisasi dan perkembangan teknologi.
Copyrights © 2025