JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 2 (2025): Agustus

Kolaborasi Antara Orangtua dan Guru dalam Membentuk Kepercayaan Diri Anak di TK Ananda Kids

Fadila, Sisca Nurul (Unknown)
Anggraeni, Nur (Unknown)
Putri, Lutfiah Maharani (Unknown)
Rachman, Syahnas Alya (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Jul 2025

Abstract

Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) merupakan tahap penting yang mendukung perkembangan fisik, mental, dan karakter anak usia 0–6 tahun. Kepercayaan diri menjadi aspek krusial dalam perkembangan sosial dan emosional anak, yang sangat dipengaruhi oleh lingkungan terdekat, khususnya peran kolaboratif antara orangtua dan guru. Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi bentuk kolaborasi efektif antara orangtua dan guru di tingkat TK serta menganalisis dampaknya terhadap pembentukan kepercayaan diri anak. Melalui pendekatan kualitatif, penelitian menggali pengalaman dan interaksi kedua pihak dalam menciptakan lingkungan belajar yang konsisten dan suportif. Hasil penelitian diharapkan memberikan kontribusi teoritis dan praktis bagi pengembangan strategi komunikasi dan kerja sama yang memperkuat peran orangtua dan guru dalam mendukung perkembangan optimal anak, serta menjadi acuan bagi kebijakan pendidikan anak usia dini.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...