Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) merupakan tahap penting yang mendukung perkembangan fisik, mental, dan karakter anak usia 0–6 tahun. Kepercayaan diri menjadi aspek krusial dalam perkembangan sosial dan emosional anak, yang sangat dipengaruhi oleh lingkungan terdekat, khususnya peran kolaboratif antara orangtua dan guru. Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi bentuk kolaborasi efektif antara orangtua dan guru di tingkat TK serta menganalisis dampaknya terhadap pembentukan kepercayaan diri anak. Melalui pendekatan kualitatif, penelitian menggali pengalaman dan interaksi kedua pihak dalam menciptakan lingkungan belajar yang konsisten dan suportif. Hasil penelitian diharapkan memberikan kontribusi teoritis dan praktis bagi pengembangan strategi komunikasi dan kerja sama yang memperkuat peran orangtua dan guru dalam mendukung perkembangan optimal anak, serta menjadi acuan bagi kebijakan pendidikan anak usia dini.
Copyrights © 2025