JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 2 (2025): Agustus

Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa

Pinem, Irmina (Unknown)
Sirait, Patrika Zein (Unknown)
Sintya, Erna (Unknown)
Waruwu, Jessica Ratna Sari (Unknown)
Situngkir, Novianny (Unknown)
Simatupang, Murniana (Unknown)
Manalu, Septi Kristina (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Jul 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi seberapa efektif penerapan model pembelajaran kooperatif jenis Student Teams Achievement Division (STAD) dalam meningkatkan prestasi belajar siswa pada pembelajaran tematik di tingkat pendidikan dasar. Model STAD adalah salah satu jenis pembelajaran kooperatif yang menekankan kolaborasi dalam kelompok yang beragam, di mana siswa didorong untuk saling membantu dalam memahami materi pelajaran. Metode yang diterapkan dalam penelitian ini adalah kajian pustaka dengan menganalisis berbagai sumber jurnal, artikel, dan referensi yang relevan dari Google Scholar. Temuan kajian menunjukkan bahwa model pembelajaran STAD mampu menciptakan lingkungan belajar yang lebih aktif, menyenangkan, dan interaktif. Siswa menjadi lebih termotivasi, mampu berpikir kritis, dan terlatih dalam bekerja sama serta berkomunikasi dengan baik. Penggunaan model ini juga terbukti meningkatkan pemahaman konsep, keterampilan sosial, serta hasil belajar siswa secara keseluruhan. Oleh karena itu, model STAD disarankan sebagai salah satu strategi pembelajaran yang efisien untuk meningkatkan kualitas proses dan hasil belajar siswa di tingkat sekolah dasar.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...