Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi seberapa efektif penerapan model pembelajaran kooperatif jenis Student Teams Achievement Division (STAD) dalam meningkatkan prestasi belajar siswa pada pembelajaran tematik di tingkat pendidikan dasar. Model STAD adalah salah satu jenis pembelajaran kooperatif yang menekankan kolaborasi dalam kelompok yang beragam, di mana siswa didorong untuk saling membantu dalam memahami materi pelajaran. Metode yang diterapkan dalam penelitian ini adalah kajian pustaka dengan menganalisis berbagai sumber jurnal, artikel, dan referensi yang relevan dari Google Scholar. Temuan kajian menunjukkan bahwa model pembelajaran STAD mampu menciptakan lingkungan belajar yang lebih aktif, menyenangkan, dan interaktif. Siswa menjadi lebih termotivasi, mampu berpikir kritis, dan terlatih dalam bekerja sama serta berkomunikasi dengan baik. Penggunaan model ini juga terbukti meningkatkan pemahaman konsep, keterampilan sosial, serta hasil belajar siswa secara keseluruhan. Oleh karena itu, model STAD disarankan sebagai salah satu strategi pembelajaran yang efisien untuk meningkatkan kualitas proses dan hasil belajar siswa di tingkat sekolah dasar.
Copyrights © 2025