Minat siswa untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi merupakan faktor penting dalam pengembangan sumber daya manusia dan dipengaruhi oleh berbagai faktor internal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara potensi diri, motivasi, dan ekspektasi masa depan dengan minat siswa dalam melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Penelitian dilakukan pada siswa kelas XII di SMK Negeri 1 Sumatera Barat tahun ajaran 2024/2025 dengan pendekatan kuantitatif deskriptif. Pengambilan sampel dilakukan secara proporsional dengan jumlah 205 siswa. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang sangat kuat antara potensi diri dan minat melanjutkan pendidikan. Selain itu, motivasi dan ekspektasi masa depan juga memiliki hubungan yang signifikan dengan minat siswa. Secara keseluruhan, ketiga faktor tersebut secara bersama-sama berkontribusi secara signifikan terhadap minat melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi. Temuan ini menunjukkan pentingnya pengembangan faktor internal siswa dalam mendukung keputusan pendidikan mereka.
Copyrights © 2025