Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar Al-Qur’an Hadits yang dapat meningkatkan sikap sosial siswa di MTsN Persiapan 3 Padangsidimpuan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Tahap analisis dilakukan untuk mengidentifikasi kebutuhan siswa terhadap bahan ajar yang relevan. Tahap desain menghasilkan prototipe bahan ajar yang mencakup elemen-elemen pembelajaran interaktif dan berbasis nilai-nilai Al-Qur’an Hadits. Selanjutnya, tahap pengembangan melibatkan validasi ahli dan uji coba terbatas untuk memastikan kevalidan dan praktikalitas bahan ajar. Implementasi dilakukan melalui uji coba di kelas VII untuk mengevaluasi efektivitas bahan ajar dalam meningkatkan sikap sosial siswa, seperti empati, kerja sama, dan tanggung jawab sosial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas kevalidan bahan ajar Al-Qur’an Hadits memperoleh hasil validasi dari ahli materi memperoleh persentase 93.1% dengan kriteria sangat valid, validasi dari ahli media memperoleh persentase 94% dengan kriteria sangat valid dan ahli bahasa memperoleh nilai 93.1% dengan persentase sangat valid, penilaian kualitas menunjukkan bahwa bahan ajar Al-Qur’an Hadits memiliki validitas yang sangat valid. Praktikalisasi bahan ajar Al-Qur’an Hadits dilihat dari presentasi rata-rata respon peserta didik sebesar 81% dan guru Al-qur’an Hadits yaitu sebesar 87,5% dengan kategori sangat praktis, artinya, bahan ajar yang dikembangkan praktis untuk digunakan dalam mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di MTsN Persiapan 3 Padangsidimpuan. Sedangkan efektivitas memeperoleh nilai 2.220 dengan presentase 85,3% masuk dalam kategori sangat memuaskan.
Copyrights © 2025