Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui apa saja perangkat pembelajaran lurikulum merdeka yang telah di susun di SD Islam Terpadu Al-Furqon Mandailing Natal. Dan untuk mengetahui kesulitan guru dalam mendesain perangkat pembelajaran kurikulum merdeka di SD Islam Terpadu Al-Furqon Mandailing Natal. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran yang telah disusun yaitu Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan (KOSP), Tujuan Pembelajaran (TP) dan Alur Tujuan Pembelajaran (ATP), Modul Ajar, Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5), Asesmen Diagnostik dan Format Penilaian, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP/Modul Ajar Harian). Kesulitan guru dalam mendesain modul ajar matematika menunjukkan bahwa tantangan utama yang dihadapi oleh guru adalah keterbatasan waktu, keterbatasan sumber belajar, dan penyesuaian dengan kurikulum yang terus berkembang. Guru juga menghadapi kesulitan dalam mengakomodasi berbagai gaya belajar siswa, serta dalam mengintegrasikan teknologi dalam proses pembelajaran.
Copyrights © 2025