JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 2 (2025): Agustus

Peningkatan Motivasi Belajar IPA Melalui Model Problem Based Learning Berbantuan Media Interaktif

Putri, Ridona Zulyeni (Unknown)
Azzahra, Firda (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Aug 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar IPA peserta didik kelas VIII.5 SMP Negeri 33 Padang melalui penerapan model Problem Based Learning yang didukung media interaktif. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas dilaksanakan dalam dua siklus, dengan subjek sebanyak 32 peserta didik. Data diperoleh melalui angket dan observasi. Pada siklus pertama, sebanyak 50% peserta didik memiliki motivasi sedang, sementara 25% lainnya termasuk kategori tinggi dan rendah. Setelah diterapkan Problem Based Learning berbantuan media interaktif pada siklus kedua, terjadi peningkatan motivasi secara signifikan: 69% peserta didik pada kategori tinggi dan 31% pada kategori sangat tinggi. Hasil ini menunjukkan bahwa model Problem Based Learning yang dipadukan dengan media interaktif mampu meningkatkan motivasi belajar IPA melalui keterlibatan aktif peserta didik, pembelajaran yang menarik, serta pengalaman belajar yang relevan dan bermakna.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...