Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model discovery learning terhadap kemampuan penalaran matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Kota Pontianak. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Sampel dipilih menggunakan purposive sampling, yaitu kelas VIII B sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII C sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian berupa tes kemampuan penalaran matematis (pre-test dan post-test) dalam bentuk uraian yang terdiri dari 5 soal tervalidasi, serta lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif, uji prasyarat (normalitas dan homogenitas), dan uji hipotesis (uji-t independen) berbantuan program Jamovi. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan (p=0,001 < 0,05) pada kemampuan penalaran matematis antara kedua kelompok. Rata-rata nilai post-test kelas eksperimen (86,99) lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol (77,97). Disimpulkan bahwa model discovery learning berpengaruh positif dan cukup efektif dalam meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa pada materi statistika sub bab pemusatan data (modus, median, dan mean).
Copyrights © 2025