JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 2 (2025): Agustus

Dampak Program Makan Bergizi Nasional terhadap Pola Didik Orang Tua dalam Pendidikan Gizi Anak Sekolah Dasar: (Sebuah Analisis)

Hamsidar, Hamsidar (Unknown)
Fitrah, Hariki (Unknown)
Muhharramsyah, Rambang (Unknown)
Sumanti, Sumanti (Unknown)
Zamil, Ilham (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Aug 2025

Abstract

Program Makanan Bergizi Nasional (MBN) di sekolah merupakan intervensi strategis pemerintah yang dirancang untuk meningkatkan status gizi anak-anak sambil mendukung kinerja akademik mereka. Dampak MBN tidak hanya terlihat secara langsung pada kesehatan anak-anak, tetapi juga mempengaruhi praktik pengasuhan orang tua dalam menumbuhkan kebiasaan makan sehat di rumah. Studi ini bertujuan untuk memahami bagaimana MBN mempengaruhi pengetahuan, kesadaran, dan praktik orang tua terkait konsumsi makanan di kalangan anak-anak sekolah dasar di Provinsi Jambi. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan desain studi kasus. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dengan 25 orang tua, pengamatan partisipatif terhadap interaksi orang tua dan anak di rumah, serta analisis dokumen sekolah terkait implementasi MBN. Hasil penelitian menunjukkan bahwa MBN berhasil mendorong orang tua untuk lebih sadar akan pentingnya gizi, menyesuaikan menu makanan di rumah, dan mengubah pola belanja harian. Orang tua juga cenderung mengurangi penyediaan camilan tinggi gula dan lemak. Dengan demikian, MBN memiliki peran ganda: selain meningkatkan gizi anak di sekolah, program ini juga memperkuat pendidikan gizi di rumah melalui perubahan praktik pengasuhan orang tua, sehingga mendukung pembentukan kebiasaan makan sehat jangka panjang pada anak.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...