JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 2 (2025): Agustus

Uji Adaptasi Cabai Super Pedas di Toraja

Ramma, Trivela (Unknown)
Limbongan, Yusuf L. (Unknown)
Galla, Ernytha A. (Unknown)
Tandirerung, Willy Y (Unknown)
Panggoa, Hizkia (Unknown)
Syukur, Muhammad (Unknown)
Ritonga, Arya Widura (Unknown)
Pangestu, Arya Yuda (Unknown)
Istiqlal, Muhammad Ridha Alfarabi (Unknown)
Hatta, Andi Nadi Nurul Lathifa (Unknown)
Sahid, Zulfikar Damaralam (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2025

Abstract

Projek penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adaptasi beberapa genotipe cabai super pedas (super hot chili) yang berbeda terhadap perumbuhan dan produksi secara kuantitatif dan kualitatif super hot chili di Kabupaten Toraja Utara, . Penelitian dilaksanakan mulai bulan Desember 2024 sampai Juni 2025. Penanaman ini bertempat di Tallunglipu, Kabupaten Toraja Utara, Provinsi Sulawesi Selatan. Rancangan yang digunakan adalah rancangan kelompok teracak (RKLT) satu faktor yaitu 7 genotip cabai super pedas. Percobaan menggunakan 3 ulangan sehingga terdapat 21 satuan percobaan. Adapun taraf perlakuan genotip yang dicobakan yaitu : G1 = F1.383388, G2 = F1.382383 G3 = F1.383385, G4 = F5.382383-5-12-3, G5 = F6.382384-4-1-8-1, G6 = Katokkon G7 = Mhanu. Adapun variabel yang diamati dalam penelitian ini yakni variabel kualitatif dan variabel kuantitif. Setiap satuan percobaan terdiri atas 20 tanaman dengan 12 tanaman sebagai tanaman contoh sehingga terdapat 420 tanaman. Hasil penelitian memperlihatkan perlakuan genotipe cabai super pedas pedas (super hot chili) yang berbeda berpengaruh nyata terhadap pertumbuhan dan produksi. Cabai super pedas (super hot chili) genotipe F1.383388 dan F1.382383 memperlihatkan pertumbuhan dan produksi yang lebih baik.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...