Meningkatnya minat terhadap kopi spesialti di Indonesia, pemahaman mengenai faktor-faktor yang memengaruhi keputusan pembelian menjadi semakin penting. Penelitian ini bertujuan untuk menggali lebih dalam tentang preferensi terhadap Kopi Jago dan Kopi Tuku yang sedang viral dikalangan pekerja kantoran, dengan fokus pada pengalaman dan motivasi yang mendasari pilihan brand berdasarkan berbagai aspek seperti rasa, kualitas, harga, dan pengalaman pembelian menggunakan metode analisis grounded theory. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam dengan pekerja kantoran yang merupakan konsumen kedua brand kopi tersebut yang terdiri dari 10 responden. Hasil pengolahan data dari 5 responden yang berasal dari peminat Kopi Jago didapatkan hasil pengkodean sebanyak 25 kode yang terdiri dari 8 kategori yang membentuk 4 tema, sedangkan untuk peminat Kopi Tuku dengan 5 responden didapatkan hasil pengkodean sebanyak 22 kode terdiri dari 8 kategori yang membentuk 4 tema. Dari kedua brand ini memiliki 4 tema yang sama yaitu Produk, Aksesibilitas, Pengalaman dan Kredibilitas, meskipun dari kedua brand ini memiliki jumlah kategori dan tema yang sama, tetapi hasil penelitian menunjukkan bahwa Kopi Jago dengan menunjukkan keunggulannya pada tema “Aksesibilitas” sebanyak 17 poin yang terdiri dari keterjangkauan harga, gerai mudah ditemukan dan kemudahan pembelian, sedangkan Kopi Tuku lebih unggul pada tema “Produk” sebanyak 8 poin yang meliputi kualitas rasa dan komposisi kopi. Temuan ini dapat memberikan wawasan bagi pelaku bisnis kopi dalam menentukan model bisnis dan meningkatkan strategi pemasaran agar lebih sesuai dengan kebutuhan konsumen, khususnya di kalangan pekerja kantoran.
Copyrights © 2025