JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 2 (2025): Agustus

Pembiasaan Positif dalam Membentuk Sikap dan Perilaku Siswa Sekolah Dasar

Azzahra, Meyla Fazza Putri (Unknown)
Labibah, Syahni Honsa (Unknown)
Wahyudi, Ziyad Abyan (Unknown)
Ulhaq, Shella Dhiya (Unknown)
Nurfadhillah, Fahrani (Unknown)
Renaldi, Rio (Unknown)
Khodari, Rahmad (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggali bagaimana pembiasaan positif yang diterapkan di sekolah dasar dapat membentuk karakter siswa secara efektif. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada urgensi pendidikan karakter dalam Kurikulum Merdeka, yang menekankan pengembangan nilai kemanusiaan, soft skills, serta penguatan Profil Pelajar Pancasila. Penelitian dilaksanakan di SDN Merapi dengan pendekatan kualitatif metode studi kasus selama Program Latihan Profesi (PLP) I pada April 2025. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi, dengan validasi melalui triangulasi metode dan member checking. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembiasaan seperti budaya 3S (senyum, sapa, salam), ibadah bersama, penegakan kedisiplinan, dan kegiatan harian lainnya dilaksanakan secara terstruktur dan konsisten, serta terbukti berkontribusi terhadap pembentukan nilai karakter seperti kedisiplinan, tanggung jawab, religiusitas, nasionalisme, dan keterampilan sosial. Temuan ini menguatkan teori behaviorisme Skinner serta mendukung implementasi pendidikan karakter berbasis kebiasaan dalam konteks Kurikulum Merdeka. Penelitian ini merekomendasikan strategi pembiasaan positif sebagai pendekatan berkelanjutan dalam membentuk karakter siswa sejak pendidikan dasar.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...