JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 3 (2025): Desember

Implementasi Integrasi Kurikulum Pondok Pesantren dan Madrasah Tsanawiyah dalam Pembelajaran Fiqih (Studi Kasus di Kelas IX MTs Al-Hikmah 2 Purwoasri)

Alkasan, Kharis Sudap (Unknown)
Susilo, Suko (Unknown)
Jauhari, Moh. Irmawan (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Sep 2025

Abstract

Integrasi kurikulum pesantren dan madrasah merupakan solusi untuk menciptakan pembelajaran Islam yang holistik. Penelitian ini menganalisis implementasi integrasi kurikulum dalam pembelajaran fiqih di MTs Al-Hikmah 2 Purwoasri menggunakan pendekatan kualitatif studi kasus. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan implementasi menggunakan Connected Model dari Fogarty dengan alokasi 2 jam khusus untuk kurikulum pondok dari 8 jam pembelajaran. Materi fiqih Kemenag diperkaya dengan kitab kuning (Fathul Qorib), menggunakan kombinasi metode tradisional pesantren dan modern. Sistem penilaian holistik mencakup domain kognitif, afektif, dan psikomotorik dengan persyaratan khusus tamtaman, pembacaan kitab, dan muhafadoh. Integrasi terbukti efektif menciptakan keseimbangan kurikulum nasional dan tradisi pesantren.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...