JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 3 (2025): Desember

Penerapan Pembelajaran Student Center Learning Pada Pembelajaran PPKn untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa di MTs. Al-Muawanah

Nasihin, Deden (Unknown)
Suhendar, Ilham Fajar (Unknown)
Rois, Munawar (Unknown)
Ramadhan, Rida Restu (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Oct 2025

Abstract

Student center learning merupakan pendekatan pembelajaran yang berpusat pada siswa. Pendekatan ini sangat sesuai dengan kurikulum yang diterapkan saat ini, dimana siswa harus lebih aktif dalam proses pembelajaran. Peran guru dalam pembelajaran dengan menggunakan pendekatan student center learning hanya sebagai fasilitator, selebihnya siswa harus aktif dalam pembelajaran. Penelitian ini membahas tentang efektivitas penerapan pendekatan student center learning yang diterapkan di MTs. Al-Muawanah Cianjur dengan jumlah populasi 80 orang dan sampel 52 orang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah pembelajaran PPKn dengan menggunakan pendekatan student center learning efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan pendekatan student center learning cukup efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran PPKn.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...