Jurnal Ilmu Manajemen dan Pendidikan
Vol. 5 No. 1 (2025)

Penguatan Pendidikan Karakter dan Kesadaran Berbudaya melalui Implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Bertema Kearifan Lokal

Pratomo, Laurensia Claudia (Unknown)
Zakaria, Rinny Apriliany (Unknown)
Isnawati, Dian (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Jul 2025

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu mendeskripsikan implementasi kegiatan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) bertema kearifan lokal melalui pertunjukan kesenian sebagai upaya penguatan pendidikan karakter dan kesadaran berbudaya peserta didik pada fase E. Kegiatan terdiri dari tahap perencanaan proyek, pelaksanaan proyek, pertunjukan kesenian, serta evaluasi dan refleksi. Dimensi yang digunakan dalam proyek ini adalah berkebinekaan global, kreatif, dan gotong royong. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik analisis data melalui tahapan reduksi data yang digunakan untuk menyajikan data penelitian serta dilanjutkan dengan penarikan kesimpulan.  Data yang dikumpulkan bersumber dari dokumen perencanaan kegiatan, proses observasi, serta dokumentasi digunakan sebagai dasar penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) memberikan pengalaman belajar langsung dalam mempraktikkan budaya dan tradisi lokal sehingga mampu menguatkan karakter dan kesadaran berbudaya peserta didik melalui profil pelajar Pancasila. Diharapkan penelitian selanjutnya dapat mengeksplorasi dampak kegiatan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) terhadap perkembangan peserta didik dalam jangka waktu yang lebih lama dan juga lebih fokus pada permasalahan implementasi P5 bagi peserta didik berkebutuhan khusus.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

impian

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Ilmu Manajemen dan Pendidikan (JIMPIAN) is a scientific journal published by the Masters Program in Education Management, Faculty of Teacher Training and Education, Mulawarman University. This journal contains the results of studies and research related to education management science and ...