Penelitian ini membahas mengenai peningkatan keterampilan menulis siswa menggunakan model example non example di SDN 54 Salupikung pada pembelajaran tematik di kelas VI A SDN 54 Salupikung kota Palopo. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) terdiri atas beberapa tahap yaitu: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan atau observasi dan (4) refleksi. Fokus penelitian untuk meningkatkan keterampilan menulis siswa menggunakan model example non example. Adapun subjek penelitian adalah siswa kelas VI A SDN 54 Salupikung Kota Palopo berjumlah 16 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes tulis, observasi, dan wawancara, kemudian dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keterampilan menulis siswa yang memenuhi KKM 70 mengalami peningkatan pada setiap siklus. Pada pra-siklus, siswa yang mencapai KKM sebanyak 56%, kemudian meningkat menjadi 75% pada siklus I, dan semakin meningkat pada siklus II mencapai 88%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa penggunaan model Example Non-Example dapat meningkatkan keterampilan menulis siswa kelas VI di SDN 54 Salupikung, Kota Palopo.
Copyrights © 2024