Journal of Early Childhood Education Studies
Vol 4 No 1 (2024): Juni

Analisis Peningkatan Kemandirian Anak Melalui Metode Pembelajaran Montessori

Azhari, Supian (Unknown)
Fadlilah, Azizah Nurul (Unknown)
Astini, Novi Sutrisna (Unknown)
Rudiah, Shopiatun (Unknown)
Fujianti, Nanik Astuti (Unknown)
, Sumiati, Sumiati (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2024

Abstract

Kemandirian merupakan aspek yang sangat penting dan harus dikembangkan pada diri anak sejak usia dini. Penulisan Artikel ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana meningkatkan kemandirian anak melalaui metode pembelajaran Montessori. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan sumber data yang meliputi peserta didik, guru, wali kelas, dan kepala sekolah TK-IT Imam Bukhori. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan Miles & Huberman yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian menemukan terjadi perkembangan yang signifikan terhadap kemandirian anak dengan diterapkannya metode pembelajaran Montessori. Terdapat pengaruh yang positif terhadap keenam indikator kemandirian anak yang terdiri dari kemampuan fisik, bertanggung jawab, percaya diri, saling berbagi, disiplin, dan mampu mengendalikan emosi. Metode Montessori terbukti mampu memberikan kebebasan dan kesempatan mengembangkan kemandirian anak dengan hal yang sederhana sesuai dengan kebutuhan anak. Oleh karena itu, dengan menerapkan metode pembelajaran Montessori dapat dijadikan alternative untuk meningkatkan sikap kemandirian pada anak.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

joeces

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Physics

Description

Studi Pendidikan Anak Usia Dini yang diterbitkan oleh Prodi PIAUD Sekolah Tinggi Agama Islam Yayasan Pendidikan Bakti Wanita Islam ( STAI YPBWI) Surabaya. Terbit dua kali dalam setahun: Juni dan Desember. Jurnal ini memuat tulisan hasil studi tentang Pendidikan Anak Usia Dini dengan perspektif ...