Edu Society: Jurnal Pendidikan, Ilmu Sosial dan Pengabdian Kepada Masyarakat
Vol. 5 No. 3 (2025): Oktober 2025 - Januari 2026

Design Penelitian Kuantitatif: Pengertian dan Macam-macam Jenisnya

Putra, Ridho Dwi (Unknown)
Murtadho, Muhammad Ali (Unknown)
Isnaini, Muhammad (Unknown)
Afgani, Muhammad Win (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Nov 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan secara komprehensif mengenai konsep dasar desain penelitian kuantitatif serta menguraikan berbagai macam jenis desain yang umum digunakan dalam penelitian ilmiah. Pendekatan penelitian yang digunakan bersifat deskriptif dengan metode studi literatur, di mana peneliti mengkaji berbagai sumber pustaka seperti buku metodologi penelitian, jurnal ilmiah, dan publikasi akademik yang relevan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa desain penelitian kuantitatif merupakan rancangan sistematis yang berfungsi untuk mengarahkan proses pengumpulan dan analisis data numerik guna menguji hipotesis yang telah dirumuskan sebelumnya. Secara umum, desain penelitian kuantitatif dapat dikategorikan ke dalam beberapa jenis utama, yaitu desain deskriptif, korelasional, komparatif, survei, pre-eksperimen, experimental dan quasi-eksperimen. Masing-masing desain memiliki karakteristik, tujuan, serta prosedur pelaksanaan yang berbeda sesuai dengan permasalahan dan variabel yang diteliti. Temuan ini diharapkan dapat memberikan pemahaman konseptual dan praktis bagi peneliti, mahasiswa, maupun akademisi dalam menentukan desain penelitian kuantitatif yang tepat agar hasil penelitian lebih valid, reliabel, dan dapat digeneralisasikan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

edusociety

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

The focus of the Edu Society: Journal of Education, Social Sciences, and Community Service is on various problems in the fields of Education, Social Sciences and Community Service, both as material objects and as formal objects. We invite scientists, academics, researchers, practitioners and ...