Jurnal PRIMED:Primary Education Journal atau Jurnal Ke-SD An
Vol 5 No 1 (2025): MARET

PENGEMBANGAN MEDIA KALCER BERBASIS MONOPOLI PADA MATERI IPAS KELAS IV SDN 2 GELUMBANG

Austin, Annastasia (Unknown)
Lestari, Neta Dian (Unknown)
Syaflin, Sylvia Lara (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Mar 2025

Abstract

Permasalahan yang menjadi fokus penelitian adalah terbatasnya variasi media dalam sistem pembelajaran yang masih menggunakan metode tradisional. Target penelitian ini adalah untuk menciptakan sebentuk media pembelajaran berbasis monopoli yang memiliki validitas, kepraktisan, dan efektivitas yang tinggi. Prosedur pengembangan media ini mencontoh pendekatan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Hasil evaluasi terhadap kevalidan media, materi, dan bahasa menunjukkan bahwa media tersebut memperoleh nilai kevalidan sebesar 90,47%, yang masuk dalam kategori "sangat valid". Uji coba One to One Evaluation menunjukkan hasil 91,4%, yang disebut "sangat praktis", sementara uji coba Small Group Evaluation menghasilkan 93,2%, juga dengan penilaian "sangat praktis". Efektivitas media ini dinilai mencapai 76,451%, melebihi ambang batas 76 dengan kriteria "sangat efektif". Atas demikian, bisa dirangkum bahwa pengembangan media pembelajaran berbasis monopoli ini terbukti valid, praktis, dan efektif.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

primed

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal PRIMED:Primary Education Journal atau Jurnal Ke-SD An merupakan sebuah jurnal yang didedikasikan untuk publikasi hasil penelitian yang berkualitas dalam bidang ilmu sekolah dasar, inovasi pembelajaran, metode pembelajaran, media pembelajaran, inovasi pembelajaran, dan manajemen pembelajaran. ...