Jurnal PRIMED:Primary Education Journal atau Jurnal Ke-SD An
Vol 5 No 1 (2025): MARET

HUBUNGAN ANTARA MINAT BELAJAR DENGAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA KELAS V PADA MATERI PECAHAN

Tika, Emeliana (Unknown)
Rosdianto, Haris (Unknown)
Utama, Erdi Guna (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Mar 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan minat belajar siswa dalam pembelajaran matematika,mendeskripsikan pemahaman konsep matematika di sd, mengetahui terdapat hubungan antara minat belajar denganpemahaman konsep matematis. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian korelasional dengan pendekatankuantitatif dan desain penelitian assosiatif. Penelitian ini dilakukan di SD Bruder Singkawang. Sampel dalam penelitianini adalah Total Sampling dan populasi yang digunakan dikelas 5A dan 5B yang berjumlah 50 siswa. Teknik daninstrumen pengumpulan data yang digunakan yaitu angket kecerdasan emosional dan tes kemampuan berpikir kritis.Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan hasil perhitungan minat belajar tergolong tinggi dengan rata-ratakeseluruhan 71,16, kemampuan pemahaman konsep matematika siswa tergolong tinggi dengan rata-ratakeseluruhan 80, terdapat hubungan antara minat belajar dengan kemampuan pemahaman konsep matematika siswakelas V SD Bruder Singkawang dengan koefisien korelasi sebesar 0.626 berada pada kategori tinggi

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

primed

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal PRIMED:Primary Education Journal atau Jurnal Ke-SD An merupakan sebuah jurnal yang didedikasikan untuk publikasi hasil penelitian yang berkualitas dalam bidang ilmu sekolah dasar, inovasi pembelajaran, metode pembelajaran, media pembelajaran, inovasi pembelajaran, dan manajemen pembelajaran. ...