Kemampuan menulis merupakan cara untuk mengkomunikasikan pesan secara tertulis kepada pembaca.Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis puisi tema Indonesia menggunakan penerapan modelpembelajaran vak (visual, auditory, kinestethic). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian TindakanKelas (PTK) dengan jumlah subyek sebanyak 32 siswa kelas VII A di SMPN 3 Madiun. Hasil dari penelitian ini menunjukkanpeningkatan signifikan dalam kemampuan menulis puisi siswa kelas VII A setelah menerapkan pendekatan pembelajaranVAK. Pada siklus I, rata-rata nilai adalah 76,78 dengan 23 siswa mencapai tingkat ketuntasan. Pada siklus II, rata-ratanaik menjadi 84,31 dengan 27 siswa mencapai tingkat ketuntasan. Penerapan model VAK secara optimal memungkinkansiswa untuk mengenali dan memanfaatkan gaya belajar siswa dengan lebih baik, menyebabkan peningkatan yangsignifikan dibanding siklus sebelumnya.
Copyrights © 2025