Devotion: Journal Corner of Community Service
Vol. 1 No. 2 (2022): November

Model Inovasi Layanan Publik melalui Kemitraan dengan UMKM Lokal di Kecamatan Gading Rejo, Kabupaten Pringsewu

Wijaya, Acum (Unknown)
Rozi, Fakhrur (Unknown)
Anum, Adelina (Unknown)
Bella, Sinta (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Nov 2022

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan mengembangkan model inovasi layanan publik berbasis kemitraan antara pemerintah kecamatan dan UMKM lokal di Kecamatan Gading Rejo, Kabupaten Pringsewu. Permasalahan yang ditemukan adalah masih rendahnya keterlibatan UMKM dalam mendukung pelayanan publik, baik dalam penyediaan produk maupun jasa. Di sisi lain, pemerintah kecamatan menghadapi keterbatasan dalam menyediakan layanan publik yang inklusif dan berbasis kebutuhan masyarakat. Metode pelaksanaan meliputi pelatihan, focus group discussion (FGD), dan implementasi pilot project kemitraan layanan publik dengan melibatkan UMKM dalam penyediaan kebutuhan layanan pemerintahan, pendidikan, dan kesehatan. Hasil kegiatan menunjukkan adanya peningkatan kapasitas UMKM untuk terlibat dalam layanan publik, terbentuknya forum kemitraan antara kecamatan dan UMKM, serta lahirnya inovasi layanan berupa keterlibatan UMKM dalam penyediaan makanan sehat untuk sekolah dan puskesmas. Program ini menjadi contoh penerapan kolaborasi antara administrasi publik dan administrasi bisnis dalam meningkatkan kualitas layanan publik sekaligus memperkuat ekonomi lokal.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

devotion

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Devotion: Journal Corner of Community Service (E-ISSN 2961-9165, P-ISSN 2961-8096). The journal publishes original research articles as well as review articles in all areas of Training and Marketing are utilized for community empowerment, SMEs and local communities; Community empowerment; Social ...