Dalam pelaksanan pendidikan dalam jenjang apapun, salah satu indikator bahwa proses pendidikan tersebut berhasil adalah dengan didapatkannya prestasi belajar yang baik oleh peserta didik. Prestasi belajar yang baik menandakan pendidikan yang diterima siswa memiliki mutu dan kualitas yang baik pula. Tujuan dari penelitian yang dilakukan adalah untuk mengetahui Pengaruh Lingkungan Keluarga Dan Fasilitas Belajar Terhadap Prestasi Belajar. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui peenyebaran kuisioner pernyataan secara online melalui Microsoft Form dan pengukuran menggunakan skala likert satu sampai lima dengan sampel yang digunakan sebanyak 100 orang responden berkriteria mahasiswa dan mahasiswi aktif di daerah DKI Jakarta. Dengan random sampling sebagai Teknik pengambilan sampel dan Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis jalur (path analysis) dengan aplikasi SmartPLS sebagai software yang membantu. Kemudian hasil perhitungan dari penelitian ini menunjukkan bahwa : 1) Lingkungan keluarga berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar, 2) Fasilitas belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar, dan 3) Lingkungan keluarga dan Fasilitas belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar.
Copyrights © 2023