Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan Indonesia
Vol. 3 No. 1 (2024): Volume 3 No 1

Model Aktualisasi Kegiatan Pramuka Membentuk Keteladanan Berbasis Profil Pelajar Rahmatal Lil 'Alamin Di MTsN 2 AGAM

Agus Salim (Unknown)
Zulfani Sesmiarni (Unknown)
Yusri Yaldi (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Jan 2024

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui model aktualisasi kegiatan pramuka membentuk keteladanan berbasis profil pelajar Rahmatan Lil’alamin di MTsN 2 Agam. Penelitian ini merupakan jenis Penelitian dan Pengembangan (R&D), yaitu dengan cara melakukan penelitian dan Pengembangan mengenai karakter keteladanan yang dikemukakan oleh para ahli atau oleh para ulama. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode Penelitian dan Pengembangan (R&D), dengan berfokus pada kegiatan Pramuka dan Aktualisasi kegiatan Pramuka. Kegiatan pramuka merupakan salah satu kegiatan ekstrakurikuler yang sangat penting bagi siswa. Kegiatan ini tidak hanya mengajarkan siswa tentang keterampilan kepramukaan, tetapi juga menanamkan nilai-nilai dan karakter yang baik, salah satunya adalah keteladanan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Profil Pelajar Rahmatan Lil ‘Alaminadalah profil Keteladanan dalam kegiatan pramuka adalah perilaku yang baik dan terpuji yang dapat diteladani oleh anggota pramuka lainnya. Keteladanan ini dapat ditunjukkan dalam berbagai hal, baik dalam sikap, perilaku, maupun tindakan. Adapun Karakter keteladanan dalam kegiatan Pramuka yaitu sikap sopan, santun, belajar dengan sungguh-sungguh, mendengarkan nasehat, dan memaafkan kesalahan orang lain.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jpi

Publisher

Subject

Humanities Education Mathematics Social Sciences Other

Description

Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan Indonesia is to provide a research medium and an important reference for the advancement and dissemination of research results that support high-level research in the fields Culture of Education and Social Science Research . Original theoretical work and ...