SMP Negeri 2 Wanggarasi merupakan salah satu sekolah yang terpilih sebagai satuan pendidikan penyelenggara program sekolah penggerak angkatan kedua yang mengimplementasikan kurikulum merdeka. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan memahami pengimplementasian kurikulum merdeka di SMP Negeri 2 Wanggarasi sebagai Sekolah Penggerak. Metodologi penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif melalui pendekatan fenomenologi.Subjek dalam penelitian ini kepala sekolah, guru dan tenaga kependidikan, siswa dan komite SMP Negeri 2 Wanggarasi. Fokus penelitian ini yakni apa yang dialami oleh subjek dan bagaimana memahami pengalamannya tersebut. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara yang mendalam terhadap subjek penelitian, observasi partisipan, dan penelusuran dokumen. Analisis data dalam penelitian ini dilaksanakan dengan menerapkan prosedur melalui pendekatan fenomenologi. Hasil penelitian yang yaitu pengimplementasian kurikulum merdeka di SMP Negeri 2 Wanggarasi sebagai sekolah penggerak diperoleh gambaran nyata tentang: 1. Alasan yang melatarbelakangi penerapan kurikulum merdeka; 2. Bentuk penerapan kurikulum merdeka; 3. Desain kurikulum merdeka di sekolah; 4. Kegiatan yang terlaksana terkait pengimplementasian kurikulum merdeka; 5. Keterlibatan guru dan tenaga kependidikan; 6. Respon dan bentuk keaktifan siswa; 7. Potensi yang dimiliki terkait pengimplementasian kurikulum merdeka; 8. Tantangan yang dihadapi; 9. Keterlibatan orangtua, komite sekolah, pengawas sekolah dan dinas pendidikan; 10. Manfaat dan perubahan nyata setelah pengimplementasian kurikulum merdeka.
Copyrights © 2024