Lintasan belajar hipotetik menawarkan sebuah deskripsi dalam perencanaan pembalajaran matematika. Lintasan belajar hipotetik juga membanttu guru belajar dalam mengikuti dan menginterpretasi cara berpikir matematis siswa, juga menjadi alat bagi guru untuk mengembangkan kurikulum. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui lintasan belajar siswa kelas VII pada materi SPLSV di MTs Negeri 2 kerinci dengan menggunakan Hypothetical Learning Trajectory (HLT) dan Lembar Aktivitas Siswa (LAS). Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah Design Research. Penelitian ini dilaksanakan di MTsN 2 Kerinci, Kec. Air Hangat, Kab. Kerinci, Prov. Jambi. Subjek pada penelitian ini dilakukan pada kelas VII D yang berjumlah 27 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini didapatkan lintasan belajar siswa pada materi sistem persamaan linear satu variabel kelas VII di MTs Negeri 2 kerinci yang dapat membantu siswa dalam memahami konsep sistem persamaan linear variabel selama proses pembelajaran, karena dapat dilihat bahwa dari seluruh siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan HLT dan LAS terdapat lebih dari setengah siswa mampu memahami konsep sistem persamaan linear satu variabel.
Copyrights © 2024