Kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas XI di salah satu sekolah SMA di Makassar mengalami penurunan. Salah satu faktor yang mempengaruhi yaitu kecemasan matematika siswa, kecemasan matematika setiap siswa berbeda-beda. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa berdasarkan tingkat kecemasan matematika. Subjek penelitian ini adalah tiga orang siswa kelas XI yang terpilih dari 13 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Instrumen pendukung dalam penelitian ini meliputi:1) Angket kecemasan matematika; 2) Tes kemampuan pemahaman konsep; 3) Pedoman wawancara. Hasil yang diperoleh ditemukan bahwa siswa dengan kategori kecemasan tinggi tidak dapat memahami semua indikator kemampuan pemahaman konsep; siswa dengan kategori kecemasan sedang mampu memahami satu dari empat indikator kemampuan pemahaman konsep; siswa dengan kategori kecemasan rendah dapat memahami tiga dari empat indikator kemampuan pemahaman konsep,dengan kata lain siswa dengan kategori kecemasan tinggi memiliki kemampuan pemahaman konsep rendah, sedangkan siswa dengan kategori kecemasan sedang memiliki kemampuan pemahaman konsep sedang dan siswa dengan kategori kecemasan rendah memiliki kemampuan pemahaman konsep tinggi.
Copyrights © 2025