Bioedusiana: Jurnal Pendidikan Biologi
Vol 8, No 1 (2023): Bioedusiana

Kelayakan Multimedia Interaktif Berbasis Prezi pada Materi Interaksi Makhluk Hidup dan Lingkungannya untuk Siswa SMP Kelas VII

Utami, Rizki (Unknown)
Yeni, Laili Fitri (Unknown)
Yuniarti, Anisyah (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengembangkan multimedia interaktif berbasis Prezi pada materi interaksi makhluk hidup dan lingkungannya di SMP Negeri 16 Pontianak. Penelitian  ini  merupakan  penelitian  pengembangan  (Research  and  Development). Penelitian ini dilaksanakan pada 21 Mei sampai 7 November 2022. Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang memiliki tiga tahapan yaitu Analisis (analysis), Perancangan (design), dan Pengembangan (development). Instrumen dan pengumpulan data dilakukan dengan lembar validasi. Data dianalisis menggunakan teknik analisis metode skala dengan modifikasi skala Likert yang dilanjutkan dengan analisis Aiken V. Dari hasil penilaian terhadap multimedia interaktif berbasis Prezi pada materi interaksi makhluk hidup dan lingkungannya yang telah dikembangkan dinilai sangat valid dengan skor keseluruhan aspek rata-rata sebesar 0,97 dengan kategori sangat layak, penilaian tiap-tiap aspek yaitu aspek pembelajaran sebesar 0,96 dengan kategori sangat layak, penilaian pada aspek tampilan sebesar 0,98 degan kategori sangat layak, dan penilaian pada aspek isi sebesar 0,96 dengan kategori sangat layak. Berdasarkan  skor  yang  diperoleh,  dapat  disimpulkan  bahwa produk multimedia interaktif berbasis Prezi pada materi interaksi makhluk hidup dan lingkungan dikategorikan sangat valid sehingga layak untuk digunakan sebagai desain media pembelajaran dalam kegiatan pembelajaran pendidikan biologi.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

bioed

Publisher

Subject

Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Education

Description

Bioedusiana adalah jurnal berkala ilmiah yang diterbitkan dua kali setahun (Juni-Desember) yang mempublikasikan hasil penelitian orisinal tentang pendidikan Biologi dan Biologi. Jurnal ini bertujuan untuk mengembangkan konsep, teori, perspektif, paradigma, dan metodologi dalam kajian ilmu Pendidikan ...