Cokroaminoto Journal of Primary Education
Vol. 7 No. 2 (2024): Oktober 2024

Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPAS Melalui Metode Round Club Pada Siswa Kelas V SD Inpres Tinggimae Kabupaten Gowa

Khaerunnisa, Andi Nurul (Unknown)
Idris, A. Muzkiah (Unknown)
Adam, Andi (Unknown)
Jaya, Setiawan Uthama (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2024

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPAS pada siswa kelas V SD Inpres Tinggimae Kabupaten Gowa. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPAS dengan menggunakan metode round club pada siswa kelas V SD Inpres Tinggimae Kabupaten Gowa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus, masing-masing siklus dilakukan 3 kali pertemuan. Instrumen penelitian ini berupa tes evaluasi dan lembar observasi. Data hasil penelitian dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Hasil belajar siswa rata-rata 67,85 pada siklus I dan meningkat menjadi rata-rata 80,14 pada siklus II. Tingkat ketuntasan belajar pada siklus I 60% dan meningkat menjadi 89% pada siklus II. Dengan demikian, penerapan metode round club dapat meningkatkan hasil belajar IPAS siswa kelas V SD Inpres Tinggimae Kabupaten Gowa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

cjpe

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences

Description

The focus of this journal is primary education, which covers related aspects such as students, teachers, teaching materials, evaluation and assessment, curriculum, and lesson ...