Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPAS pada siswa kelas V SD Inpres Tinggimae Kabupaten Gowa. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPAS dengan menggunakan metode round club pada siswa kelas V SD Inpres Tinggimae Kabupaten Gowa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus, masing-masing siklus dilakukan 3 kali pertemuan. Instrumen penelitian ini berupa tes evaluasi dan lembar observasi. Data hasil penelitian dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Hasil belajar siswa rata-rata 67,85 pada siklus I dan meningkat menjadi rata-rata 80,14 pada siklus II. Tingkat ketuntasan belajar pada siklus I 60% dan meningkat menjadi 89% pada siklus II. Dengan demikian, penerapan metode round club dapat meningkatkan hasil belajar IPAS siswa kelas V SD Inpres Tinggimae Kabupaten Gowa.
Copyrights © 2024