Jurnal Kreativitas dan Inovasi (Jurnal Kreanova)
Vol 4 No 3 (2024)

PELATIHAN DIGITAL MARKETING GUNA MENINGKATKAN PENJUALAN KRIPIK SINGKONG

Ponidi, Ponidi (Unknown)
Fahmawati, Felda Emilia (Unknown)
Monalisa, Monalisa (Unknown)
Rizaly, Anastas (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2024

Abstract

Potensi sumber daya pertanian dan perkebunan yang dimiliki Desa Sumberjati Kecamatan Jatirejo Kabupaten Mojokerto terutama hasil perkebunan berupa singkong, ketela, pisang, tales dan bote merupakan kesempatan untuk memperoleh nilai tambah yang patut diperhitungkan. Melihat adanya potensi ekonomi berupa hasil singkong yang melimpah pada UMKM Rina berkah jaya mengolah singkong menjadi keripik singkong dan dikemas dengan design packaging yang baik untuk menarik minat para konsumen untuk membeli produk. Beberapa permasalahan yang dihadapi oleh UMKM adalah tentang kemasan yang kurang menarik dan kurang luasnya daerah pemasaran,sehingga omset penjualan yang cenderung masih rendah. Bertitik tolak pada kondisi tersebut tim pengabdian Universitas Muhammadiyah Surabaya melakukan pelatihan terkait pembuatan design packaging dan strategi pemasaran dengan Digital marketing guna meningkatkan hasil penjualan. Adapun platform yang digunakan untuk Digital marketing adalah tiktok ,whatshapp dan IG. Platform inilah yang dipergunakan untuk memasang foto-foto dan profil UMKM yang bisa diakses calon pembeli. Dari hasil evaluasi yang telah dilakukan dengan metode wawancara terhadap 50 pembeli diperoleh hasil 26 % memperoleh informasi produk dari tiktok, 52% dari Watshapp dan sisanya 22% dari IG.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

kreanova

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Jurnal KREANOVA merupakan jurnal pengabdian kepada masyarakat yang memiliki tujuan untuk memfasilitasi para ilmuwan, pelaksana pengabdian kepada masyarakat dan praktisi bisnis dalam mempublikasikan kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang meliputi bidang ekonomi, manajemen dan bisnis,, akuntansi, ...