Seiring dengan perkembangan zaman yang kian berkembang menimbulkay beberapa tuntutan-tuntutan pada pendidikan di Indonesia di abad 21 ini. Salah satu tuntutan pendidikan abad 21 yaitu kemampuan collaboration atau kemampuan kerja sama. Agar dapat memenuhi kompetensi yang sesuai dengan kebutuhan abad 21, peserta didik tidak hanya mempunyai kemampuan mengembangkan kompetensi pembelajaran tetapi juga kompetensi lainnya, salah satunya adalah kemampuan kerja sama. Hal ini dikarenakan adanya tuntutan zaman untuk siswa dapat bersosialisasi dan berperan di dunia luar. Kemampuan kerja sama diperlukan agar siswa dapat bertukar pendapat dan berbagi informasi. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan kemampuan kerja sama siswa dalam pembelajaran tematik madrasah ibtidaiyah. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitataif. Hasil dan pembahasan menunjukkan bahwa kemampuan bekerja sama siswa tergolong rendah pada setiap indikator kemampuan bekerja sama siswa yakni pada komunikasi, menyumbangkan ide, saling membantu, aktivitas kelompok saat berdiskusi, tanggung jawab menyelesaikan tugas dan menyelesaikan tepat waktu.
Copyrights © 2024