Jurnal Pengabdian Masyarakat
Vol. 3 No. 2 (2025)

Mengintegrasikan Edukasi Sanitasi Melalui Poster dan Aksi Bersih-Bersih di Kolam Retensi Boulevard untuk Menciptakan Lingkungan Bersih dan Sehat

Siti Rabbani Karimuna (Unknown)
Sarnilawati (Unknown)
Putri Mentary (Unknown)
Ririn Ali Rahmin (Unknown)
Shinta Dwi Aryanti (Unknown)
Nunung Sari (Unknown)
Rifdah Nabiilah Halik (Unknown)
Sri Anawati (Unknown)
Lisnawati (Unknown)
Galang (Unknown)
Rusmawan (Unknown)
Wa Ode Monang (Unknown)
Muliyati (Unknown)
Sitti Nurhaliza (Unknown)
Adrian (Unknown)
Nizar, Zahwa (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Jan 2025

Abstract

Salah satu permasalahan terpenting terkait sampah di Indonesia adalah tentang kesadaran dan kebiasaan masyarakat terhadap sampah. Sistem pengelolaan yang menyeluruh dan berkesinambungan harus diterapkan untuk mengurangi dan menangani permasalahan yang ditimbulkan dari sampah. Oleh karena itu diperlukan pengelolaan sampah yang baik agar masalah sampah dapat teratasi, termasuk di Kolam Retensi Boulevard, Kelurahan lepo-lepo, Kec. Baruga, Kota Kendari. Dalam pengelolaan sampah, diperlukan peningkatan kesadaran dan partisipasi masyarakat dengan membentuk kesadaran untuk memilah sampah. Metode penelitian melibatkan 15 siswa yang akan turun langsung ke Kolam Retensi Jalan Boulevard, Kelurahan Lepo-Lepo, Kecamatan Baruga, Kota Kendari. Kegiatan ini bertujuan untuk membersihkan retensi kolam serta memberikan edukasi kepada masyarakat yang menjadikan kolam tersebut sebagai tempat berolahraga dan rekreasi. Hasil penelitian ini melalui aksi bersih-bersih dan edukasi melalui poster, siswa berhasil membersihkan area retensi kolam dan memberikan informasi tentang dampak polusi negatif dan pengelolaan sampah dengan 5R.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

judimas

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Education Health Professions Other

Description

Jurnal Pengabdian Masyarakat (JUDIMAS): bna journal aims to publish articles on the results of community service from academics, researchers and practitioners in various fields of science including education, engineering, agriculture, health, social humanities, information technology, and ...