Innovative: Journal Of Social Science Research
Vol. 4 No. 3 (2024): Innovative: Journal Of Social Science Research (Special Issue)

Upaya Guru Dalam Meningkatkan Perhatian Dan Motivasi Belajar Siswa Kelas V B Pada Mata Pelajaran PAI (Studi Kasus Di SDN 017 Pandau Jaya)

Hasibuan, Nur Hasanah (Unknown)
B, Alya Mardatillah. (Unknown)
Sefrianti, Riski (Unknown)
Akbar, Afri Fauzan (Unknown)
Subhan, Mhd (Unknown)
Rajab, Khairunnas (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi upaya guru dalam meningkatkan perhatian dan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SDN 017 Pandau Jaya. Menggunakan pendekatan kualitatif jenis studi kasus, data dikumpulkan melalui wawancara semi-terstruktur dengan guru dan siswa, kemudian dianalisis menggunakan model Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran seperti video dan gambar, serta metode pengajaran yang bervariasi, berhasil meningkatkan perhatian dan motivasi siswa. Pemberian motivasi intrinsik dan ekstrinsik melalui penghargaan dan umpan balik positif juga efektif dalam membangun hubungan yang baik antara guru dan siswa. Evaluasi penugasan yang menantang namun sesuai dengan kemampuan siswa menunjukkan peningkatan signifikan dalam partisipasi dan nilai rata-rata siswa dalam pelajaran PAI. Kesimpulannya, penggunaan metode pengajaran yang inovatif dan evaluasi yang tepat dapat menciptakan lingkungan belajar yang positif dan produktif.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Innovative

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Public Health Other

Description

Innovative: Journal Of Social Science Research is a journal managed by Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai which bridges researchers to publish research results in all scientific fields (multidiscipline). This includes the fields of education, health, law, economics, IT (Informatics Engineering), ...