Innovative: Journal Of Social Science Research
Vol. 4 No. 4 (2024): Innovative: Journal Of Social Science Research

Pengaruh Motivasi Belajar dan Status Sosial Ekonomi Orangtua Terhadap Disiplin Belajar Siswa Kelas V di Mis Al Ikhlasiah Medan Sunggal T.A. 2023/2024

Artika, Arbiati (Unknown)
Lubis, Wildansyah (Unknown)
Nurmayani, Nurmayani (Unknown)
Ambarita, Dody F. Pandimun (Unknown)
Siregar, Waliyul Maulana (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Aug 2024

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar dan status sosial ekonomi orangtua terhadap disiplin belajar siswa kelas V di MIS Al Ikhlasiah Medan Sunggal T.A. 2023/2024. Penelitian ini merupakan penelitian ex post facto dengan metodologi penelitian kuantitatif. Sampel penelitian berjumlah 60 siswa dari keseluruhan anggota populasi yaitu kelas V-A dan V-B. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan uji coba instrument, analisis statistik deskriptif, uji normalitas, uji linearitas, uji multikolinearitas dan uji hipotesis pada taraf α = 0,05. Hasil penelitian ini diperoleh bahwa nilai Fhitung > Ftabel dan taraf signifikan sebesar 0,000 < 0,5. Dikarenakan Fhitung > Ftabel maka dapat dinyatakan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak, maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis yang menyatakan “Motivasi Belajar dan Status Sosial Ekonomoi Orangtua secara simultan berpengaruh signifikan terhadap Disiplin Belajar siswa kelas V di MIS Al-Ikhlasiah Medan Sunggal” dinyatakan diterima.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Innovative

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Public Health Other

Description

Innovative: Journal Of Social Science Research is a journal managed by Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai which bridges researchers to publish research results in all scientific fields (multidiscipline). This includes the fields of education, health, law, economics, IT (Informatics Engineering), ...