Pada era modern sekarang semua pekerjaan menggunakan kemampuan teknologi untuk mempermudah semua pekerjaan. Dalam dunia pendidikan saat ini, kecanggihan teknologi sangat dibutuhkan dan juga sudah mulai diterapkan untuk setiap sekolah. Pendidikan sebagai sebuah bidang perlu menggunakan teknologi saat ini untuk tetap mengikuti perkembangan zaman. Menggunakan media untuk mengimplementasikan pembelajaran di kelas adalah salah satu cara yang digunakan. Berbagai jenis media pembelajaran yang dapat seorang Guru terapkan disekolah, salah satunya yaitu media audio-visual. Media yang dapat mengkomunikasikan informasi yang lebih akurat melalui gambar bergerak dan suara yang berhubungan dengan indera penglihatan dan pendengaran dikenal dengan media pembelajaran audio-visual. Siswa lebih senang melihat pembelajaran dalam bentuk animasi dan juga suara yang bisa mereka lihat dan dengar. Penelitian ini bertujuan untuk melihat keefektifitan media pembelajaran audio visual pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam untuk meningkatkan motivasi belajar dan keterampilan berpikir kritis secara signifikan. Tujuan penulisan ini adalah untuk mengevaluasi sejauh mana media pembelajaran audio-visual sudah efektif untuk pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di sekolah dasar. Metode yang digunakan dalam penulisan ini adalah metode kajian pustaka atau studi literatur dengan menggumpulkan data atau sumber informasi berdasarkan artikel ilmiah dan juga buku. Hasil dari penulisan ini adalah ditemukan sudah banyak sekali sekolah yang menerapkan konsep media pembelajaran berbasis audio-visual untuk mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Dan terbukti efektif untuk siswa, karena siswa jadi lebih bersemangat dalam belajar dan memperhatikan materi. Siswa juga tidak mudah bosan dengan metode pembelajaran karena media audio-visual menampilkan berbagai macam animasi yang menarik dan juga interaktif, sehingga siswa aktif mengikuti pembelajaran.
Copyrights © 2024