Studi membahas peran guru dalam menangani kenakalan siswa Madrasah Tsanawiyah Nurul Ittihadiyah Lubuk Pakam. Paramida,dkk (2021) mengartikan kenakalan remaja sebagai suatu kelalaian tingkah laku, perbuatan atau tindakan yang bersifat asosial yang melanggar norma dalam masyarakat. Melalui tinjauan kualitatif deskriptif dengan pendeatan studi kasus, penulis mengeksplorasi masalah dengan batasan terperinci mengenai bagaimana guru memiliki peran untuk menangani kenakalan siswa di Madrasah Tsanawiyah Nurul Ittihadiyah Lubuk Pakam. Sumber data yang digunakan adalah data primer hasil yaitu wawancara berasal dari lokasi dan objek penelitian, serta data sekunder seperti arsip dan buku pendukung. Hasil yang diperoleh pada penelitian ini adalah ditemukan kenakalan remaja berupa keributan di kelas keluar di jam KBM dan merokok, bullying serta kenakalan ringan seperti malas belajar dan tidak patuh pada guru serta peraturan sekolah. Langkah yang ditempuh guru ialah melakukan penyelesaian masalah di bimbingan konseling serta pemanggilan orang tua peserta didik, serta tidak lelah dalam memberi nasihat kepada peserta didik untuk selalu melakukan hal yang positif menjauhi perbuatan yang kurang baik.
Copyrights © 2024